HUBUNGAN MANAJEMENT DAN ORGANISASI
A.
PENGERTIAN MANAJEMENT
Manajemen berasal dari bahasa
Prancis kuno yaitu ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan
mengatur. Karenanya, manajemen dapat diartikan sebagai ilmu dan seni tentang
upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan
secara efektif dan efesien. manajemen
masuk ke dalam organisasi. Dalam kalimat yang sederhana, manajemen berarti juga
proses mengatur segala hal dalam organisasi. Manajemen, menurut Robbins,
memiliki beberapa fungsi yang harus dilakukannya dalam mengelola organisasi:
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Kepemimpinan
4. Pengendalian
Sedangkan
pengaruh menurut Scott dan Mitchell merupakan suatu transaksi social dimana
seorang atau kelompok orang digerakkan oleh seseorang atau kelompok orang yang
lain untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan harapan mereka yang
mempengaruhi.
B.
PENGERTIAN
ORGANISASI
Wadah sekelompok
manusia untuk saling bekerja sama untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang
menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan
fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang
sah ditetapkan. Untuk
dapat mencapai tujuan terasebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada
pokoknya secara fungssional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang
dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga
dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemen
untuk mencapai tujuan. Jadi, dalam rangka manajemen maka harus ada organisasi,
demikian eratnya dan kekalnya (consistency) hubungan antara manajemen dan
organisasi.
Manajemen
organisasi memiliki hubungan yang sangat
erat Organisasi yang baik untuk mencapai tujuanya perlu Manajemen yang baik
begitupun sebaliknya untuk mendapatakan manajemen yang terbaik diperlukan
sebuah Organisasi yang memiliki orang-orang yang terampil, kreatif serta mampu
bekerja secara tim untuk mewujudkan cita-cita yang ingin dicapai oleh organisasi.
Walaupun sudah memiliki organisasi seta manajemen yang baik masih dibutuhkan
satu lagi sebagai pelengkap yakni Metode, metode sendiri dimaksudkan sebagai
alat yang digunakan sebuah organisasi untuk mencapai tujuanya, tanpa adanya
metode yang tepat maka manajamen yang telah dibuat tidak akan maksimal sehinnga
apa yang ingin dicapai organisasi tidak terpenuhi.
-
Manajemen
: Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
-
Organisasi
: Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
KESIMPULAN
Dari
konsep tersebut, jelaslah bahwa baik manajemen atau organisasi maupun tata
kerja diarahkan kepada tercapai tujuan. Dan tanpa adanya dari salah satu konsep
tersebut segala struk struk tidak akan berjalan dengan sempurna karena dua hal ini saling berhubungan dan
saling berpengaruh untuk metode dunia kerja.layaknya sebuah system yang harus
dituntu untuk saling berdampingan dalam
tata kerja.
SUMBER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar