Pengertian Telematika
Telematika merupakan teknologi komunikasi jarak jauh, yang menyampaikan informasi satu arah, maupun timbal balik, dengan sistem digital. Pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk dalam telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika. Telematika menunjuk pada hakikat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekominikasi, media, dan informatika.
Pada saat ini banyak sekali tantangan pada berbagai bidang kehidupan sehari-hari yang perlu di tangani menggunakan teknologi yang salah satu contohnya adalah teknologi informasi. Perkembangan telematika yang semakin luas dapat mengatasi segala macam hamabatan yang ada jika kita benar dalam mengelolanya. Telematika merupakan contoh dari perkembangan teknologi informasi yang ada. Tanpa pemahaman yang mencukupi maka akan menyebabkan suatu ketergantungan terhadap pihak lain karena begoti minimnya pemanfaatan teknologi informasi ini sebagai alat bantu dalam memimpin sebuah bangsa.
Telematika merupakan teknologi komunikasi jarak jauh, yang menyampaikan informasi satu arah, maupun timbal balik, dengan sistem digital. Pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk dalam telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika. Telematika menunjuk pada hakikat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekominikasi, media, dan informatika.
Pada saat ini banyak sekali tantangan pada berbagai bidang kehidupan sehari-hari yang perlu di tangani menggunakan teknologi yang salah satu contohnya adalah teknologi informasi. Perkembangan telematika yang semakin luas dapat mengatasi segala macam hamabatan yang ada jika kita benar dalam mengelolanya. Telematika merupakan contoh dari perkembangan teknologi informasi yang ada. Tanpa pemahaman yang mencukupi maka akan menyebabkan suatu ketergantungan terhadap pihak lain karena begoti minimnya pemanfaatan teknologi informasi ini sebagai alat bantu dalam memimpin sebuah bangsa.
Dampak positif (keuntungan) dari perkembangan telematika antara lain :
1. Kemudahan
dalam memperoleh Informasi secara cepat.
Informasi yang diperoleh dapat bersifat real time artinya pada saat itu juga. Selain itu informasi yang diinginkan dapat diperoleh secara langsung pada sumbernya sehingga mengurangi adanya distorsi informasi.
Informasi yang diperoleh dapat bersifat real time artinya pada saat itu juga. Selain itu informasi yang diinginkan dapat diperoleh secara langsung pada sumbernya sehingga mengurangi adanya distorsi informasi.
2. Transparasi
dalam Informasi.
Informasi dapat diketahui siapa saja karena adanya keterbukaan.
Informasi dapat diketahui siapa saja karena adanya keterbukaan.
3. Kemudahan
dalam memperoleh data.
Dengan adanya perkembangan telematika kita dapat memperoleh data dan Informasi dari berbagai sumber, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
Dengan adanya perkembangan telematika kita dapat memperoleh data dan Informasi dari berbagai sumber, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
4. Penghematan
Waktu.
Orang tidak perlu lagi mengorban waktu untuk mengantri lama dalam melakukan transaksi keuangan tetapi cukup dengan melakukan transaksi melalui internet atau ponsel genggam.
Orang tidak perlu lagi mengorban waktu untuk mengantri lama dalam melakukan transaksi keuangan tetapi cukup dengan melakukan transaksi melalui internet atau ponsel genggam.
5. Keuntungannya
bagi masyarakat manfaat internet dalam e Business secara nyata dapat menekan
biaya transaksi dalam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi
kebutuhan.
Manfaat internet dalam e Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasidanlayananuntukmasyarakat.Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara nyata jugatelahmemberikannilahtambahbagimasyarakatluas.Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam boomingperdaganganelektronis/electroniccommerce(e-commerce).Pembangunansektor Telematikadiyakiniakanmemengaruhiperkembangansektor-sektorlainnya.
Manfaat internet dalam e Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasidanlayananuntukmasyarakat.Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara nyata jugatelahmemberikannilahtambahbagimasyarakatluas.Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam boomingperdaganganelektronis/electroniccommerce(e-commerce).Pembangunansektor Telematikadiyakiniakanmemengaruhiperkembangansektor-sektorlainnya.
6. Keuntungannya
bagi anak–anak Diantara manfaat yang dapat diperoleh adalah penggunaan
perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca,
berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat
pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang
sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka.
Manfaat lain bisa diperoleh anak lewat program aplikasi berbentuk games yang umumnya dirancang untuk tujuan permainan dan tidak secara khusus diberi muatan pendidikan tertentu. Beberapa aplikasi games dapat berupa petualangan, pengaturan strategi, simulasi, dan bermain peran (role-play).
Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.
Manfaat lain bisa diperoleh anak lewat program aplikasi berbentuk games yang umumnya dirancang untuk tujuan permainan dan tidak secara khusus diberi muatan pendidikan tertentu. Beberapa aplikasi games dapat berupa petualangan, pengaturan strategi, simulasi, dan bermain peran (role-play).
Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.
- Memudahkan dalam mendapatkan Informasi
- Saat ini mendapatkan informasi apa saja abisa didapatkan dari internet
- Krmudahan dalam memperoleh data
- Dengan perkembangan dalam Telematika, kita dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber
- Menghemat waktu danbiaya
- Orang lain dapat berkomuunikasi secara jarak jauh, sehingga menghemat waktu dam tidak perlu megnegluarkan uang untuk bertatap muka.
- Saat ini mendapatkan informasi apa saja abisa didapatkan dari internet
- Krmudahan dalam memperoleh data
- Dengan perkembangan dalam Telematika, kita dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber
- Menghemat waktu danbiaya
- Orang lain dapat berkomuunikasi secara jarak jauh, sehingga menghemat waktu dam tidak perlu megnegluarkan uang untuk bertatap muka.
Dampak
Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan
Kemajuan TI akan semakin
memudahkan pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) karena akses mudah ke
data yang menyebabkan orang plagiatis akan melakukan kecurangan.
Meskipun sistem
administrasi suatu lembaga pendidikan seperti sistem tanpa celah, tetapi jika
ada kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
Salah satu dampak negatif
televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi
dalam waktu yang singkat (jangka pendek perhatian).
Tes Program kerahasiaan
semakin terancam tes kecerdasan seperti tes Raven, Differential Uji bakat dapat
diakses melalui compact disk. Implikasi dan masalah tes psikologis yang ada
akan mudah bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan tingkat
kebocoran melalui internet.
Penyalahgunaan
pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak pidana. Kita tahu
bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi e-book tinggi
berpengetahuan tetapi moral yang rendah. Misalnya, dengan ilmu komputer yang
tinggi maka orang akan mencoba untuk menerobos sistem perbankan dan lain-lain.
Tidak membuat TI sebagai
media atau sarana hanya dalam belajar, misalnya, kita tidak hanya men-download,
tapi masih membeli buku cetak, tidak hanya mengunjungi perpustakaan digital,
tetapi juga masih mengunjungi perpustakaan.
Pertimbangkan penggunaan
TI dalam pendidikan, khususnya bagi anak-anak yang masih berada dalam kendali
sementara membuat pembelajaran dengan TI. Analisis pro dan kontra penggunaan.
Mahasiswa dan
kadang-kadang guru, bisa aspek adiktif teknologi, bukan isi pelajaran. Hanya
karena topik dapat diajarkan melalui TI, itu tidak berarti bahwa itu diajarkan
secara efektif melalui TI. Bahkan jika subjek dapat diajarkan secara efektif
melalui TI, dan ada uang yang tersedia, itu tidak berarti bahwa selalu ada
manfaat untuk itu. Ada banyak penelitian atau studi yang dilakukan untuk
melihat dan melihat apakah penggunaan TIK dapat meningkatkan pembelajaran.
Perlu untuk tujuan yang
jelas. TI dipandang kurang efektif (atau tidak efektif) saat tujuan
penggunaannya tidak jelas. Seperti untuk menggunakan internet untuk mencari
video porno saat menggunakan komputer di sekolah.

Dampak
negatif teknologi informasi dan komunikasi di bidang ekonomi
Kemudahan
Transaksi yang di salah gunakan oleh sebagian bahkan kebanyakan orang contohnya
melalui internet atau dunia maya seseorang dapat dengan mudah melakukan
transaksi ilegal
Kecanggihan
teknologi yang tidak dimanfaatkan semestinya seperti kebobolan lembaga atau
perorangan yang menimbulkan kerugian
Banyaknya
kasus penipuan yang terjadi
Adanya
rasa was-was atau tidak tenang ketika berbelanja secara online karena belum
terbiasa belanja secara online
Adanya
pencurian data dari kegiatan transaksi dengan memanfaatkan kode kartu kredit

Dampak
Positif dan Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dampak Positif
Mempercepat arus
informasi
Arus informasi saat ini
menjadi sangat cepat, bahkan cenderung tidak terkontrol hingga saat ini. namun
demikian, hal ini merupakan salah satu dampak positif, karena dapat memberikan
informasi mengenai suatu kejadian secara cepat, meskipun terkadang tidak akurat
dan tidak tepat.
Mempermudah
akses terhadap informasi terbaru
Merupakan salah satu efek
domino dari bertambah cepatnya arus informasi. Dengan adanya teknologi
informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat, maka siapapun akan bisa
memperoleh informasi dengan mudah. Akses terhadap informasi ini bisa dilakukan
kapanpun, dimanapun, dan dari siapapun itu. Hal ini akan membantu individu
dalam meningkatkan informasi dan pengetahuan yang dimilikinya, meski terkadang
realibilitas dan validitas dari informasi tersebut dipertanyakan.
Media
sosial
Media sossial juga merupakan
dampak positif lainnya dari perkembangan teknologi informasi dan kommunikasi.
Media sosial dapat memberikan banyak sekali manfaat, salah satunya adalah dapat
mempertumakan individu dengan orang baru, dan menambah relasi antar individu.
Membantu individu dalam
mencari informasi
Dalam mencari informasi
yang baru dan masih hangat, maka teknologi informasi dan juga komunikasi sangat
memegang peranan yang penting. Dengan adanya arus informasi yang menjadi jauh
lebih cepat, maka individu akan menjadi lebih mudah dalam mencari informasi
yang diinginkan.
Media
hiburan
Pemanfaatan dari
teknologi informasi dan juga komunikasi berikutnya adalah dalam hal hiburan.
Teknologi informasi dan juga komunikasi saat ini mendukung media hiburan yang
sangat banyak ragamnya bagi setiap orang. Contoh saja dari media hiburan berupa
games, music, dan juga ideo, banyak orang yang bisa hilang dan juga lepas dai
stress karena hiburan yang ditawarkan oleh perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi ini.
Dampak
Negatif
·
Individu menjadi malas untuk
bersosialisasi secara fisik
·
Meningkatnya penipuan dan juga kejahatan
cyber Cyber Bullying
·
Konten negative yang berkembang pesat
·
Fitnah dan juga pencemaran nama baik
secara luas
·
Menjauhkan yang dekat
·
Mengabaikan tugas dan juga pekerjaan
·
Mebuang-buang waktu untuk hal yang tidak
berguna
·
Menurunnya prestasi belajar dan juga
kemampuan bekerja seseorang
Industri telematika
(Information and Communication Technology – ICT) merupakan salah satu industri
prioritas yang akan dan sedang dikembangkan Pemerintah melalui Kebijakan
Pembangunan Industri Nasional. Industri telematika sendiri saat ini merupakan
industri yang sedang berkembang dengan pesat di dunia dengan pertumbuhan 6,9 %
per tahun. Pada tahun 2004 pasar ICT dunia mencapai US$ 533 miliar, sedangkan
pasar ICT asia tercatat US$ 42 miliar dengan pertumbuhan 23 % per tahun.
Di Indonesia sendiri
pasar sektor ini tercatat baru sekitar US$ 1,3 miliar dengan pertumbuhan pada
tahun 2004 dan 2005 masing-masing sebesar 9,8 % dan 22,1 %. Dari jumlah itu,
diperkirakan sebesar US$ 0,5 miliar sampai US$ 0,75 miliar diserap oleh sektor
perbankan.
Industri telematika
terdiri atas kelompok barang dan jasa, meliputi Industri Perangkat (devices),
Infrastruktur/Jaringan (access, nodes, transport, support) dan software
(piranti lunak) termasuk aplikasi (content). Bagi negara berkembang piranti
lunak dan jasa pada umumnya memiliki peluang yang lebih besar karena relatif
tidak memerlukan investasi besar dalam riset dan peralatan pendukung produksi.
Hal ini disebabkan terutama karena piranti lunak lebih berbasis pada tenaga
kerja berpengetahuan.
Terdapat empat langkah
utama yang perlu dilakukan untuk mendorong terbentuknya Industri Telematika
nasional yang kokoh dan mandiri, yaitu pengembangan infrastruktur telematika
dengan membangun kemampuan nasional untuk dapat memproduksi piranti keras dan
piranti lunak, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), penciptaan regulasi yang
kondusif (perundangan dan kebijakan teknologi industri), serta pengembangan
pasar domestik yang berpihak kepada industri dalam negeri.
Strategi pengembangan
industri piranti lunak yang di tempuh pemerintah adalah meningkatkan kuantitas
dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), mendorong tersedianya ICT Techno Park
(sentra pengembangan telematika), pengembangan dan penguasaan pasar aliansi
dengan MNCs (multinational companies). Sedangkan untuk industri peralatan
telekomunikasi adalah penguasaan disain dan engineering untuk memenuhi
kebutuhan dalam negeri terhadap peralatan-peralatan yang sesuai dengan kondisi
geografis Indonesia.
Pengembangan industri
telematika dalam jangka menengah diarahkan pada tumbuhnya sentra-sentra
pengembangan industri telematika, sedangkan dalam jangka panjang diharapkan
industri telematika mampu mengisi pasar global.
Industri Teknologi
Informasi skala kecil dan menengah (software house/UKM IT) dirasakan sulit
menembus pasar global, karena kurangnya dukungan infrastruktur yang menunjang
untuk menjangkau pasar global. Regional IT Centre of excellence (RICE) adalah
suatu konsep pembangunan dan pengoperasian pusat dukungan Teknologi informasi
di beberapa daerah potensial (regional) yang memiliki tenaga ahli/pakar dan
sarana/fasilitas penunjang siap pakai yang dapat digunakan sebagai Inkubator
Regional dibidang IT.
Secara bertahap RICE akan
terus dikembangkan sesuai dengan kemampuan dana yang ada untuk pendidikan dan
latihan serta sosialisasi internasional dalam rangka promosi keberadaan RICE di
dalam negeri.
Sumber